Soto Bangka di Kampoeng Bangka

Pembaca blog saya udah pada tahu belum, kalau saya ini maniak soto?

Saya memang penggila soto dan terobsesi untuk menjajal soto dari seluruh nusantara. Jadi ketika melewati Panglima Polim Raya dan melihat plang billboard gede restoran yang menyediakan menu khas Bangka, tertariklah aku. Yup, Kampoeng Bangka nama restoran ini. Terletak di pinggir jalan raya Panglima Polim. Kalau bulan puasa, buka nyaris 24 jam.

Secara interior, dari restoran ini tidak ada yang menarik. Malah pas masuk, kirain seperti rumah makan prasmanan. Di dalam ternyata juga menyediakan oleh-oleh khas Bangka. Menurut saya , seperti oleh-oleh khas Palembang, karena yang dijual memang sebangsa krupuk-krupuk gitu.

Menunya cukup beragam, dari pembuka hingga menu utama. Tetapi mata saya sudah tertarik duluan oleh soto bangka. Langsung pesan! Dan berikut tampilannya:

Soto Bangka ini ternyata isinya cukup minimalis juga ya. Mie kuning, suwiran ayam, ketupat, tauge, telur rebus iris. Disajikan terpisah dengan kuahnya. Kuahnya sendiri bening, rasanya light. Secara keseluruhan, okelah, lumayan. Entah karena Kampoeng Bangka memang memasaknya demikian, atau memang rasa aslinya memang begitu-begitu saja. Tapi dibandingkan Soto Padang, lebih memilih Soto Bangka deh. Kapan-kapan ditulis tentang petualangan icip Soto Padang yang cukup ‘traumatis’.  :mrgreen:

Tetapi ada satu pertanyaan tertinggal: memangnya Bangka ada menu khas soto ya? Atau selama ini kurang tenar saja dibanding soto Kudus, Soto Makassar, Soto Medan, Soto Padang, Soto Semarang, Soto Jakarta, Tauto, Sroto, dll.

Iklan